Rabu, 20 Maret 2013

BEKAM

http://rinzaypenuliscerpen.blogspot.com.BEKAM



Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda : "Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas." (Hadist Bukhari)


Add caption



Bekam atau hijamah adalah teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit menurut faham umum, sebenarnya ia berfungsi untuk membuang darah yang telah rusak atau teroksidasi karena tingginya oksidan dalam tubuh.
Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa arab : Hijama (حجامة) yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah Bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.Dengan melakukan penghisapan/vakum maka terbentuklah tekanan negatif di dalam cawan/kop sehingga terjadi drainase cairan tubuh berlebih (darah kotor) dan toksin, menghilangkan perlengketan jaringan ikat dan akan mengalirkan darah “bersih” ke permukaan kulit dan jaringan otot yang mengalami kebekuan darah serta merangsang sistem syaraf perifer.


Add caption
 Apabila dilakukan pembekaman pada titik bekam, maka akan terjadi kerusakan sel luar pada kulit, jaringan bawah kulit, fascia dan ototnya. Akibat kerusakan ini akan dilepaskan beberapa mediator seperti serotonin, histamine, bradikinin, slow reacting substance (SRS), serta zat-zat lain yang belum diketahui. Zat-zat ini menyebabkan terjadinya dilatasi kapiler dan arteriol, serta flare reaction pada daerah yang dibekam.

Bekam adalah satu teknik pengobatan menggunakan sarana gelas, tabung, atau bambu yang prosesnya di awali dengan melakukan pengekopan (membuat tekanan negatif dalam gelas, tabung, atau bambu) sehingga menimbulkan bendungan lokal di permukaan kulit dengan tujuan agar sirkulasi energi Qi dan Xue meningkat, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, mengusir patogen angin dingin maupun angin lembap, mengeluarkan racun, serta oxidant dalam tubuh. 


Add caption



Add caption
Add caption
Add caption
Add caption









Pada teknik bekam basah, setelah terjadi bendungan lokal, terapis lanjutkan prosesnya dengan penyayatan permukaan kulit memakai pisau bedah atau penusukan jarum bekam agar darah kotor bisa dikeluarkan. Berbekam merupakan metode pengobatan klasik yang telah digunakan dalam mengobati berbagai kelainan penyakit seperti hemophilia, hipertensi, gout, reumatik arthritis, sciatica, back pain (sakit punggung), migraine, vertigo, anxietas (kecemasan) serta penyakit umum lainnya baik bersifat fisik maupun mental..


Bagi yang merasa takut dibekam basah, boleh merasakan dulu bekam kering. Bekam kering adalah proses pengekopan tanpa melakukan penyayatan jadi tidak ada darah yang keluar. Bekam kering berguna untuk yang merasa pegal di satu bagian saja. Sebelum saya menikah, saya pernah menjadi therapis bekam dan lintah. Tapi karena suami tidak mengijinkan saya untuk menjadi terapis lagi maka saya membagikan ilmu yang saya dapat pada anda semua lewat blog ini. Berbekam bagi saya sangat terasa khasiatnya. Karena badan terasa enteng dan oksidan yang ada di dalam tubuh pun bisa dibuang dari dalam tubuh sehingga kita insyaallah sehat selalu. Berbekam dianjurkan seminggu sekali. Karena proses pemasukan oksidan dari luar tubuh seperti makanan, minuman dan polusi menerpa kita setiap hari. Foto-foto yg terpampang disini terlihat menakutkan bukan?Namun tidak semenakutkan itu. Luka yang ditimbulkan karena penyayatan(oleh jarum ,atau pisau) itu kecil sekali. Hanya seukuran pori-pori kita. Tapi karena kulit yang disayat dihisap oleh kop, maka darah yang teroksidasi akhirnya keluar.(rz.sumber:wikipedia/iluvbekam/googlepicture)
Add caption
Add caption

1 komentar:

  1. silakan berkomentar disini. Seberapa kenalkah anda dengan bekam?

    BalasHapus